Wednesday, September 2, 2009

Hiburlah diri anda dengan bencana yang menimpa orang lain

Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala di dalam Surah Al-Fath, ayat 27:

Sesungguhnya Kami telah menghancurkan negeri-negeri yang ada di sekitar kalian.

Contoh yang paling ketara adalah keluarga Al-Baramikah, sebuah keluarga kaya, yang suka berfoya-foya, dan bergelumbang kenikmatan. Bencana yang menimpa mereka adalah sebuah pelajaran, nasihat dan contoh. Hanya dalam waktu sehari, Harun Ar-Rasyid berjaya menggulingkan mereka. Mereka lalai, mereka tidur nyenyak di dalam selimut-selimut kenikmatan, dan bersenang-senang dalam taman-taman kemewahan.

Tiba-tiba pada suatu pagi, rumah mereka diruntuhkan, istana mereka dihancurkan, semua yang melindungi mereka ditewaskan, justeru oleh tangan yang sangat dekat dengan mereka. Semua hamba milik mereka, dirampas, darah mereka ditumpahkan, dan mereka menjadi orang yang dibinasakan. Dengan bencana itu, semua orang mereka cintai juga harus terluka hatinya. Sungguh tidak ada Tuhan lain selain Allah. Tidak terhitung kenikmatan yang telah dirampas, dan tidak terhitung pelajaran yang harus ditebus dengan darah.

Seorang penyair mengatakan:

Beginilah musibah besar atau lainnya
bila datang menimpa
dan seperti itulah
kejayaan suatu negeri dihancurkan.


Bertahun-tahun mereka terbuai dalam kesenangan, terbuai oleh hati yang senang, dan mengabaikan hari-hari yang terus berlalu.


Seorang lagi penyair mengatakan:

Bendera telah berkibar di atas kepala mereka
Bala tentera pun
telah berbaris siaga di sekeliling mereka
Seakan-akan tidak ada manusia
antara Hajun sampai ke Shafa
dan di Makkah
seakan-akan tidak ada lagi orang yang berjaga malam

No comments:

Post a Comment